Web science adalah ilmu pengetahuan
untuk membuat dan memanipulasi web. Web adalah kumpulan halaman yang dapat menampilkan
informasi berupa gambar, animasi, tulisan, suara maupun gabungan dari keseluruhannya
yang bersifat statis atau dinamis yang dapat membentuk rangkaian yang saling terkait
yang dihubungkan dengan banyak link.
Sejarah Web
Di awal tahun 1980 telah dikenal sebuah
teknologi informasi dan komunikasi khususnya dalam bidang website. Pada tahun itu
sangat membantu dalam komunikasi antar manusia di dunia karena dalam website tersebut
user bisa melihat informasi yang ditampilkan oleh pemilik website. Informasi yang
berupa tulisan dapat diakses dari seluruh dunia.
Website yang kita kenal sekarang ditemukan oleh Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee. Beliau bekerja di European Laboratory for Particle Physics (CERN). Sekitar bulan Maret 1989, “Tim” mengusulkan suatu protokol sistem distribusi di internet untuk pertukaran informasi di internet. Akhirnya situs web pertama diluncurkan pertama kali pada tanggal 6 Agustus 1991 dengan situs http://info.cern.ch/
Sejarah web juga berkaitan dengan sejarah perkembangan teknologi komputer. Karena pada awalnya tampilan web masih sangatlah sederhana, hanya menampilkan teks, lalu untuk hyperlink (link) pada saat itu masih menggunakan tampilan nomor yang menghubungkan antara satu halaman ke halaman lainnya.
Website ditulis, atau secara dinamik di konversi menjadi HTML dan diakses melalui sebuah program software yang biasa disebut dengan web browser, yang dikenal juga dengan HTTP Client. Halaman web dapat dilihat atau diakses melalui jaringan komputer dan internet, perangkatnya bisa saja berupa komputer pribadi, laptop, PDA ataupun telepon selular. Sebuah website dibuat didalam sebuah sistem komputer yang dikenal dengan server web, juga disebut HTTP Server, dan pengertian ini juga bisa menunjuk pada software yang dipakai untuk menjalankan sistem ini, yang kemudian menerima lalu mengirimkan halaman-halaman yang diperlukan untuk merespon permintaan dari pengguna. Apache adalah piranti lunak yang biasa digunakan dalam sebuah webserver, kemudian setelah itu adalah Microsoft Internet Information Services (IIS).
Website yang kita kenal sekarang ditemukan oleh Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee. Beliau bekerja di European Laboratory for Particle Physics (CERN). Sekitar bulan Maret 1989, “Tim” mengusulkan suatu protokol sistem distribusi di internet untuk pertukaran informasi di internet. Akhirnya situs web pertama diluncurkan pertama kali pada tanggal 6 Agustus 1991 dengan situs http://info.cern.ch/
Sejarah web juga berkaitan dengan sejarah perkembangan teknologi komputer. Karena pada awalnya tampilan web masih sangatlah sederhana, hanya menampilkan teks, lalu untuk hyperlink (link) pada saat itu masih menggunakan tampilan nomor yang menghubungkan antara satu halaman ke halaman lainnya.
Website ditulis, atau secara dinamik di konversi menjadi HTML dan diakses melalui sebuah program software yang biasa disebut dengan web browser, yang dikenal juga dengan HTTP Client. Halaman web dapat dilihat atau diakses melalui jaringan komputer dan internet, perangkatnya bisa saja berupa komputer pribadi, laptop, PDA ataupun telepon selular. Sebuah website dibuat didalam sebuah sistem komputer yang dikenal dengan server web, juga disebut HTTP Server, dan pengertian ini juga bisa menunjuk pada software yang dipakai untuk menjalankan sistem ini, yang kemudian menerima lalu mengirimkan halaman-halaman yang diperlukan untuk merespon permintaan dari pengguna. Apache adalah piranti lunak yang biasa digunakan dalam sebuah webserver, kemudian setelah itu adalah Microsoft Internet Information Services (IIS).
Pre-Web
Pre-Web: Memex, Hypertext, Internet,
usenet, ftp, gopher
Memory Extender (MEMEX)
Vannevar Bush (11 Maret, 8190 – 30 Juni, 1974 adalah seorang insinyur dan ilmuwan berkebangsaan Amerika yang dikenal karena pencapaiannya pada bidang kompetisi analog, peran politiknya pada pengembangan bom atom, dan idenya tentang Memex, yang dipandang sebagai konsep awal yang mendasari munculnya teknologi World Wide Web. Memex (singkatan dari “memory extender”) , adalah nama yang diberikan oleh Vannevar Bush untuk sebuah mesin teoretis yang ia usulkan dalam artikelnya As We May Think, yang dimuat pada tahun 1945 pada The Atlantic Monthly. Memex disebut-sebut sebagai pionir dari teknologi hiperteks yang saat ini telah ada.
Vanner Bush memang tidak terlibat
langsung dalam pengembangan internet, namun banyak yang mempertimbangkan kalau beliau
disebut dengan God Father World Wide Web. Beliau membuat sebuah referensi esai hingga
tahun 1945 dengan judul AS WE MY THINK, dalam artikelnya Bush menggambarkan sebuah
mesin teoritis yang disebut MEMEX, untuk meningkatkan memori manusia dengan memungkinkan
pengguna dapat mengambil dan menyimpan dokumen dalam sebuah Asosiasi. Asosiatif
tersebut sangat berhubungan dan mirip dengan yang dikenal saat ini yaitu hypertext.
Memex ini akan memiliki fitur selain
menghubungkan. Pengguna dapat merekam informasi baru mengenai mikrofilm, dengan
mengambil foto dari kertas atau dari layar sentuh yang sensitif tembus. Seorang
pengguna bisa menyisipkan komentar sendiri, baik menghubungkan ke jalur utama atau
bergabung dengan jejak sisi ke item tertentu. Jadi ia membangun jejak minatnya melalui
labirin bahan yang tersedia kepadanya. Seorang pengguna juga bisa membuat copy dari
jejak yang menarik dan menyebarkannya kepada temannya untuk dimasukkan dalam memex
sendiri, ada juga untuk dihubungkan ke jejak yang lebih umum.Mengingat memex, sarjana
bisa menciptakan alat sendiri pengetahuan sebagai koneksi dalam berlembar-lembar
informasi, berbagi alat-alat, dan menggunakan kompleks alat untuk menciptakan pengetahuan
namun lebih canggih yang pada gilirannya dapat digunakan terhadap pekerjaan ini
The memex telah dibayangkan. sebagai sarana mengubah ledakan informasi menjadi ledakan
pengetahuan. Ini tetap menjadi salah satu impian mendefinisikan media baru. Memperluas,
menyimpan, dan konsultasi catatan.
Antara tahun 1990 dan 1994, Paul Flaherty,
seorang mahasiswa Stanford yang sedang mencari proyek, diperkenalkan oleh istrinya
kepada atasannya. Supervisor baru saja melihat demonstrasi dari World Wide Web dan
menyarankan dapat ditingkatkan dan lebih baik serupa dengan memex dijelaskan oleh
Vannevar Bush jika link tidak harus secara manual dimasukkan dan bukan satu bisa
mengikuti link hanya dengan menggunakan kata-kata sendiri. Flaherty melanjutkan
untuk menciptakan AltaVista, yang dicari pertama, full-text database dari sebagian
besar dari Web.
HyperText
Hypertext adalah suatu paradigma ( cara atau pola ) antarmuka untuk menampilkan dokemen, yaitu dapat bercabang ke dokumen lain, menurut definisi awal hypertext berarti “ branch or perform on request” yang artinya bercabang atau melaksanakan saat diminta. Yang paling banyak digunakan dalam dunia komputer adalah penelusuran antar dokumen yang disebut hyperlink.
Markup language merupakan kombinasi
antara text dan informasi tambahan mengenai text. Informasi tambahan tersebut, misalnya
struktur teks atau bentuk tampilan yangt diekspresikan dalam bentuk markup (tanda)
yang menyatu dengan text utama. Markup language paling modern yang digunakan saat
ini adalah HTML ( hypertext markup language ) yang merupakan salah satu basis dari
World Wide Web. Hypertext Markup Language adalah markup language yang dirancang
untuk pembuatan halaman web yang mengandung hypertext dan informasi lain yang akan
ditayangkan oleh browser. HTML digunakan untuk membuat informasi terstruktur, mudah
dipahami. Pada prinsipnya HTML merupakan standart bahasa yang digunakan untuk mengatur
format tampilan document web, menambahkan object-object seperti image, audio, video
dan juga java applet dalam dokumen HTML, mendukung hyperlink antar dokumen. Dokumen
HTML dapat diakses oleh browser berdasarkan urlnya, yaitu sebuah spesifikasi standar
untuk menunjukan lokasi suatu resource diinternet yang disebutkan pada browser.
Internet
Merupakan (kependekan dari interconnection-networking) secara harfiah adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
USENET
Singkatan dari user network, merupakan
salah satu jaringan tertua yang dilayani oleh internet. Awalnya didesain pada Duke
University ditahun 1979 dan dikembangkan
pada Duke University dan North Carolia University setahun kemudian, tujuan
utama dari USENET adalah untuk bertukar pesan teks (text message) di antara node
(komputer yang terhubung pada jaringan). USENET telah tumbuh untuk mencakup berbagai
macam forum dan juga newsgroup, dalam jumlah puluhan ribu node yang terhubung.
FTP (File Transfer Protocol)
Protokol pengiriman berkas (Bahasa inggris: File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pengiriman berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah Antarjaringan.
FTP merupakan salah satu protokol
Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk
melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer
antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat
mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah
sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons
perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk
mengubah direktori, mengubah modus pengiriman antara biner dan ASCII, menggugah
berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.
Gopher
Merupakan protokol layer aplikasi
TCP/IP yang dirancang untuk distribusi, pencarian, dan pengambilan dokumen melalui
Internet. Sangat berorientasi pada desain dokumen menu, protokol Gopher disajikan
menarik untuk alternatif World Wide Web pada tahap awalnya, tapi akhirnya gagal
mencapai popularitas.
Arsitektur Komputer
Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide Web. Website arsitektur akan datang dalam ruang lingkup estetika dan teori kritis dan kecenderungan ini dapat mempercepat dengan munculnya web semantik dan web 2.0.
Struktur 3 (tiga) lapisan ini menghasilkan sebuah website yang mudah ditelusuri bagi pengunjung.
Terdapat pula halaman-halaman yang tersedia pada sebuah website:
1. Halaman Depan (Home Pages)
Setiap website memiliki halaman depan. Halaman depan merupakan halaman pertama yang dilihat oleh pengunjung dan juga merupakan halaman yang paling penting dalam mendapatkan urutan pencarian yang tinggi dari mesin pencari, karena mesin pencari memberikan lebih banyak bobot kepada halaman depan darimana halaman lainnya. Halaman depan harus memberikan informasi yang jelas dan singkat.
Setiap website memiliki halaman depan. Halaman depan merupakan halaman pertama yang dilihat oleh pengunjung dan juga merupakan halaman yang paling penting dalam mendapatkan urutan pencarian yang tinggi dari mesin pencari, karena mesin pencari memberikan lebih banyak bobot kepada halaman depan darimana halaman lainnya. Halaman depan harus memberikan informasi yang jelas dan singkat.
2. Halaman Produk/Jasa
Bagian utama dari website berisi penawaran produk dan/atau jasa. Pada bagian ini harus menggambarkan secara singkat dan tepat apa yang ditawarkan. Jumlah halaman produk/jasa hendaknya disesuaikan dengan jumlah produk/jasa yang ditawarkan. Apabila jumlah produk/jasa yang ditawarkan banyak, maka halaman utama produk/jasa bisa berisi ringkasan dari keseluruhannya.
3. Halaman Informasi
Profil: berisi sejarah mengenai bisnis atau perusahaan, visi dan misi, siapa saja pengurus inti website atau perusahaan, dan hal-hal penting lainnya mengenai bisnis atau perusahaan.
Surat kabar elektronik: berisi berita-berita mengenai produk dan/atau jasa baru, tips-tips, promo-promo yang diadakan, serta pengumuman-pengumuman lainnya.
4. Halaman Keanggotaan
Halaman keanggotaan merupakan bagian yang penting sekali untuk pengembangan website di masa mendatang. Dengan mengetahui siapa saja pengunjung dan perkembangan jumlah pengunjung aktif .
5. Halaman Kontak
Halaman kontak berisi cara-cara untuk menghubungi pengurus website, bisa melalui email, telepon, fax, chatting, surat, ataupun dengan cara mengisi formulir pertanyaan atau komentar secara online. Hal ini akan memberikan rasa nyaman kepada pengunjung karena mereka bisa berhubungan dengan pemilik website.
Bagian-bagian dari Arsitektur Website:
1. Hypertext Transfer Protocol (HTTP)
HTTP adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia.
2. WWW (World Wide Web)
WWW (World Wide Web) merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama.
Bagian utama dari website berisi penawaran produk dan/atau jasa. Pada bagian ini harus menggambarkan secara singkat dan tepat apa yang ditawarkan. Jumlah halaman produk/jasa hendaknya disesuaikan dengan jumlah produk/jasa yang ditawarkan. Apabila jumlah produk/jasa yang ditawarkan banyak, maka halaman utama produk/jasa bisa berisi ringkasan dari keseluruhannya.
3. Halaman Informasi
Profil: berisi sejarah mengenai bisnis atau perusahaan, visi dan misi, siapa saja pengurus inti website atau perusahaan, dan hal-hal penting lainnya mengenai bisnis atau perusahaan.
Surat kabar elektronik: berisi berita-berita mengenai produk dan/atau jasa baru, tips-tips, promo-promo yang diadakan, serta pengumuman-pengumuman lainnya.
4. Halaman Keanggotaan
Halaman keanggotaan merupakan bagian yang penting sekali untuk pengembangan website di masa mendatang. Dengan mengetahui siapa saja pengunjung dan perkembangan jumlah pengunjung aktif .
5. Halaman Kontak
Halaman kontak berisi cara-cara untuk menghubungi pengurus website, bisa melalui email, telepon, fax, chatting, surat, ataupun dengan cara mengisi formulir pertanyaan atau komentar secara online. Hal ini akan memberikan rasa nyaman kepada pengunjung karena mereka bisa berhubungan dengan pemilik website.
Bagian-bagian dari Arsitektur Website:
1. Hypertext Transfer Protocol (HTTP)
HTTP adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia.
2. WWW (World Wide Web)
WWW (World Wide Web) merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama.
3. URL (Universal Resource Locator)
URL( universal resource locator) merupakan suatu konsep penamaan lokasi standar dari suatu file,direktori,computer, dan lokasi komputernya sesuai dengan metode yang digunakan. URL tidak hanya dapat menunjuk ke suatu file tapi dapat juga menunjuk suatu query, dokumen dalam suatu database atau hasil dari perintah finger atau perintah archie .
4. XML (Extensible Markup Language)
XML (Extensible Markup Language) merupakan bahasa web turunan dari SGML (Standart Generalized Markup Language) yang ada sebelumnya. XML hampir sama dengan HTML, dimana keduanya sama-sama turunan dari SGML.
5. JavaScript
JavaScript adalah bahasa pemrograman berbasis prototipe yang berjalan disisi klien. jika kita berbicara dalam konteks web, sederhananya, kita dapat memahami JavaScript sebagai bahasa pemrograman yang berjalan di browser. Javascript dipanggil untuk memberikan fungsi pada halaman web dengan meletakannya secara internal pada halaman html diantara tag atau dibuat pada file terpisah ( eksternal ).
6. AJAX
AJAX disini adalah singkatan dari Asynchronous JavaScript and XML. Ajax merupakan gabungan beberapa teknologi yang bertujuan untuk menghindari page reload.
Web 2.0
Web 3.0 / Semantic Web
1. Ubiquity
URL( universal resource locator) merupakan suatu konsep penamaan lokasi standar dari suatu file,direktori,computer, dan lokasi komputernya sesuai dengan metode yang digunakan. URL tidak hanya dapat menunjuk ke suatu file tapi dapat juga menunjuk suatu query, dokumen dalam suatu database atau hasil dari perintah finger atau perintah archie .
4. XML (Extensible Markup Language)
XML (Extensible Markup Language) merupakan bahasa web turunan dari SGML (Standart Generalized Markup Language) yang ada sebelumnya. XML hampir sama dengan HTML, dimana keduanya sama-sama turunan dari SGML.
5. JavaScript
JavaScript adalah bahasa pemrograman berbasis prototipe yang berjalan disisi klien. jika kita berbicara dalam konteks web, sederhananya, kita dapat memahami JavaScript sebagai bahasa pemrograman yang berjalan di browser. Javascript dipanggil untuk memberikan fungsi pada halaman web dengan meletakannya secara internal pada halaman html diantara tag atau dibuat pada file terpisah ( eksternal ).
6. AJAX
AJAX disini adalah singkatan dari Asynchronous JavaScript and XML. Ajax merupakan gabungan beberapa teknologi yang bertujuan untuk menghindari page reload.
Web 1.0, 2.0, 3.0
Web 1.0
Merupakan teknologi Web generasi pertama
yang merupakan revolusi baru di dunia Internet karena telah mengubah cara kerja
dunia industri dan media. Pada dasarnya, Website yang dibangun pada generasi pertama
ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang
sedikit interaktif. Berbagai Website seperti situs berita “cnn.com” atau situs belanja
“Bhinneka.com” dapat dikategorikan ke dalam jenis ini.
Web 2.0
Web 2.0 pertama kali diperkenalkan
oleh O’Reilly Media pada tahun 2004 sebagai teknologi Web generasi kedua yang mengedepankan
kolaborasi dan sharing informasi secara online. Menurut Tim O’Reilly, Web 2.0 dapat
didefinisikan sebagai berikut: “Web 2.0 adalah revolusi bisnis di industri komputer
yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, dan merupakan suatu percobaan
untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut.
Salah satu aturan terutama adalah: Membangun aplikasi yang mengeksploitasi efek
jaringan untuk mendapatkan lebih banyak lagi pengguna aplikasi tersebut” Berbagai
layanan berbasis web seperti jejaring sosial, wiki dan folksonomies (misalnya: “flickr.com”,
“del.icio.us”) merupakan teknologi Web 2.0 yang menambah interaktifitas di antara
para pengguna Web.
Web 3.0 / Semantic Web
Walaupun masih dalam perdebatan di
kalangan analis dan peneliti, istilah Web 3.0 tetap berpotensi menjadi generasi
teknologi di dunia Internet. Saat ini, definisi untuk Web 3.0 sangat beragam mulai
dari pengaksesan broadband secara mobile sampai kepada layanan Web berisikan perangkat
lunak bersifat on-demand [Joh07]. Namun, menurut John Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan
teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi
dan menarik kesimpulan dari data online. Berdasarkan definisi yang dikemukakan tersebut,
maka pada dasarnya Semantic Web memiliki tujuan yang sama karena Semantic Web memiliki
isi Web yang tidak dapat hanya diekpresikan di dalam bahasa alami yang dimengerti
manusia, tetapi juga di dalam bentuk yang dapat dimengerti, diinterpretasi dan digunakan
oleh perangkat lunak (software agents). Melalui Semantic Web inilah, berbagai perangkat
lunak akan mampu mencari, membagi, dan mengintegrasikan informasi dengan cara yang
lebih mudah. Pembuatan Semantic Web dimungkinkan dengan adanya sekumpulan standar
yang dikoordinasi oleh World Wide Web Consortium (W3C). Standar yang paling penting
dalam membangun Semantic Web adalah XML, XML Schema, RDF, OWL, dan SPARQL.
Web 4.0 The Ultra Intelligence Electronic Agent
Konsep Web 4.0/4.x adalah private
secretary dalam bentuk organisme buatan. Setiap hari seseorang pasti mempunyai sebuah
rutinitas. Apapun bentuk rutinitasnya , seluruh rutinitas tersebut bisa diketahui
oleh aplikasi komputer/program/tools/device yang kita miliki yang dijalankan secara
online. Jadi kemanapun seseorang pergi, dan apapun yang dilakukan semuanya direcord
oleh alat-alat tersebut yang nantinya akan digunakan jika ingin mengetahui informasi
apa yang dibutuhkan, bahkan teknologi ini bisa mengingatkan, menginterupsi dan memberikan
informasi manakala ada perubahan dari sebuah sechedule/rutinitas, membantu melakukan
pencarian. Inti dari Web 4.0. dapat mengetahui apa saja yang kita lakukan, dan dia
juga bisa membantu dalam melakukan pencarian informasi, menyimpan histori pencarian,
bahkan mempertemukan orang-orang yang mencari informasi yang sama. Menurut Seth
Godin dalam blognya, syarat utama teknologi Web 4.0 :
Syarat ini dibutuhkan karena domain
dari teknologi Web 4.0 adalah aktivitas bukan hanya sekedar data, dan sebagian besar
aktivitas manusia berjalan offline.
2. Identity
2. Identity
Karena distribusi informasi spesifik
ditujukan dan didedikasikan untuk seseorang/pribadi sehingga diperlukan informasi
mengenai identitas pribadi yang bersangkutan, rutinitasnya dan apa yang dibutuhkan
oleh pribadi tersebut.
3. Connection
3. Connection
Tanpa relasi/hubungan seseorang tidak
ada artinya dalam teknologi Web 4.0 karena teknologi ini dikembangkan untuk kepentingan
ini (making connection).
Metodologi Web Science
Web Science dan Metodologi Web Science
Web Science itu terdiri atas dua kata yaitu web dan science yang
maksudnya adalah :
Web yang berarti jaringan atau
suatu sistem di internet yang memungkinkan siapapun agar bisa menyediakan atau
menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi,
suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun
dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana
masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Dengan
menggunakan teknologi tersebut, informasi dapat diakses selama 24 jam dalam
satu hari dan dikelola oleh mesin.
Sedangkan Science berarti ilmu
pengetahuan atau kumpulan pengetahuan yang benar, mempunyai obyek dan tujuan,
disusun secara sistematik, berkembang dengan metode ilmiah,dan berlaku
universal dan dapat diuji kebenarannya (diverifikasi).
Metodologi Web Science
Web Science merupakan kajian
sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar
adalah bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti atau
engineer melakukan pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya dengan
domain sosial secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan.
Berbagai penelitian yang berlangsung
saat ini melakukan pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph
pada struktur Web dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung, 2001]. Sebagai
contoh laporan riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman
(.de) melakukan perubahan setiap minggu. Model lain adalah metodologi model
analisis yang mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan
determinasi probabilitas. Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh
perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi.
Pengaruh Web Science
(+) Positif
Pengaruh positif yang dapat
dirasakan dengan adanya Teknologi Informasi adalah peningkatan kecepatan,
ketepatan, akurasi dan kemudahan yang memberikan efisiensi dalam berbagai
bidang khususnya dalam masalah waktu, tenaga dan biaya. Sebagai contoh
manifestasi Teknologi Informasi yang mudah dilihat di sekitar kita adalah
pengiriman surat hanya memerlukan waktu singkat, karena kehadiran surat
elektronis (email), ketelitian hasil perhitungan dapat ditingkatkan dengan
adanya komputasi numeris, pengelolaan data dalam jumlah besar juga bisa
dilakukan dengan mudah yaitu dengan basis data (database), dalam kegiatan
ekonomi sudah dilakukannnya E-banking, E-comerce,E-shopping dan masih banyak
lagi.
(-) Negatif
Sedangkan pengaruh negatif yang
bisa muncul karena adanya Teknologi Informasi misalnya dari globalisasi aspek
ekonomi, terbukanya pasar bebas memungkinkan produk luar negeri masuk dengan
mudahnya. Dengan banyaknya produk luar negeri dan ditambahnya harga yang
relatif lebih murah dapat mengurangi rasa kecintaan masyarakat terhadap produk
dalam negeri.
Dengan hilangnya rasa cinta
terhadap produk dalam negeri menunjukkan gejala berkurangnya rasa nasionalisme
masyarakat kita terhadap bangsa Indonesia dan penipuan serta pembobolan
keuangan melalui media elektronis juga akibat dari kegiatan ekonomi yang
semakin mudah.
1. Pengaruh teknologi informasi tidak mungkin kita tolak atau hindari, sebaiknya kita harus dapat memanfaatkannya untuk kesejahteraan masyarakat tetapi disisi lain kita juga harus berhati-hati dan bersikap bijak agar dampak negatif yang menyertainya dapat kita hilangkan atau paling tidak kita minimalisir.
2. Mengenalkan teknologi informasi sekaligus pemanfaatannya bagi kehidupan pribadi maupun kehidupan sosial kemasyarakatan.
3. Meningkatkan daya nalar dan daya seleksi masyarakat terhadap berbagai informasi yang membanjir, sehingga masyarakat semakin kritis dan dewasa dalam menyikapinya.
Berikut Video Kelompok Kami ( Kelompok 2 )
Sumber :
http://technology76.blogspot.co.id/2013/11/sejarah-world-wide-web
www.htmlhttps://arfinbayrruha.wordpress.com/2016/03/21/definisi-web-science/
https://erzamuhtisulistya.wordpress.com/2015/04/20/arsitektur-web/
1. Pengaruh teknologi informasi tidak mungkin kita tolak atau hindari, sebaiknya kita harus dapat memanfaatkannya untuk kesejahteraan masyarakat tetapi disisi lain kita juga harus berhati-hati dan bersikap bijak agar dampak negatif yang menyertainya dapat kita hilangkan atau paling tidak kita minimalisir.
2. Mengenalkan teknologi informasi sekaligus pemanfaatannya bagi kehidupan pribadi maupun kehidupan sosial kemasyarakatan.
3. Meningkatkan daya nalar dan daya seleksi masyarakat terhadap berbagai informasi yang membanjir, sehingga masyarakat semakin kritis dan dewasa dalam menyikapinya.
Berikut Video Kelompok Kami ( Kelompok 2 )
Sumber :
http://technology76.blogspot.co.id/2013/11/sejarah-world-wide-web
www.htmlhttps://arfinbayrruha.wordpress.com/2016/03/21/definisi-web-science/
https://erzamuhtisulistya.wordpress.com/2015/04/20/arsitektur-web/





0 komentar:
Posting Komentar